Cara Aman Booking Hotel Online

Masih ingat cara memesan hotel jaman dulu? Iya, benar. Kita diharuskan untuk membolak-balikan buku telepon yang tebal untuk mencari nomor telepon hotel dan menghubungi semua kandidat hotel satu per satu untuk mencari informasi sebelum akhirnya memesan kamar. Repot sekali, bukan?

Di jaman sekarang masih ada gak ya yang menggunakan metode jaman dulu dalam memesan hotel? Pastinya udah gak lagi dong! Hal-hal yang merepotkan tersebut sudah tidak perlu dilakukan lagi, karena hampir semua hotel sudah bisa melakukan booking online alias lewat internet. Banyak agen travel online yang juga menyediakan fasilitas booking online untuk menyediakan jasa penginapan di berbagai hotel.

Tapi, solusi yang harusnya memudahkan ini ternyata juga rentan kejahatan. Biasanya ini terjadi saat traveler melakukan pemesanan melalui pihak ketiga, seperti agen perjalanan, atau situs penyedia voucher diskon. Banyak traveler yang dibuat kecewa setelah menemukan bahwa hotel atau penginapan yang mereka pesan ternyata sebenarnya tidak ada atau tidak harus keluar budget ekstra karena ternyata pesanan atas nama mereka belum dibuat di hotel yang bersangkutan.

Jadi, sebelum merencanakan liburan dan memutuskan di mana untuk menginap, simak berbagai tips untuk mengantisipasi tindakan penipuan saat melakukan pemesanan hotel yuk!

Berikut beberapa cara yang bisa diperhatikan dan dilakukan sebelum melakukan pemesanan hotel secara online.

  1. Tentukan lokasi atau area hotel

Penting adanya untuk menentukan lokasi hotel untuk menginap agar lebih cepat mendapatkan kamar hotel. Cari tahu juga hotel lainnya yang berada di sekitaran lokasi/area untuk dijadikan alternatif.

Misalnya, ingin menginap di kawasan Seminyak, Bali maka fokus pencarian hotel di area tersebut dikarenakan banyakan penawaran hotel di wilayah Bali. Jika sulit mendapatkan di area yang diinginkan, cobalah alternatif seperti yang disarankan, yaitu di lokasi sekitar kawasan yang diincar.

Tidak ada salahnya, bukan?

  1. Tentukan budget untuk menginap

Begitu banyak hotel yang ditawarkan dengan berbagai macam variasi harga dan tipe. Misalnya, tipe hotel minimalis dengan harga sedang. Tipe hotel mewah dengan harga miring pun juga ada. Dikarenakan banyaknya varian yang bisa dipilih, terkadang memang sulit untuk menjatuhkan pilihan.

Maka dari itu, persiapkan dan tentukan budget untuk menginap sangat dianjurkan. Pilihan pemesanan hotel pun sudah bisa diatur dengan mengurutkan pencarian sesuai harga yang diingkan. Bisa dari harga yang paling murah sampai yang paling mahal, begitu juga sebaliknya. Gunakan cara ini jika ingin biaya penginapan sesuai dengan budget yang sudah dipersiapkan.

3. Pastikan memesan dari situs yang terpercaya

Banyak sekali situs booking hotel online di internet dengan berbagai nama. Pastikan situs yang dipilih terpercaya agar terhindar dari risiko penipuan online alias scamming. Sejumlah situs booking hotel online ternama yang umum dipakai para traveler bisa jadi pilihan.

Tak jarang juga beberapa jaringan hotel besar bahkan sudah mengembangkan bisnis mereka ke situs booking online sendiri khusus untuk jaringan hotel mereka. Tentunya lebih terpercaya dan aman, bukan?

4. Cek halaman situs booking dan pembayaran terlindungi

Untuk URL link situs, pastikan untuk menggunakan halaman yang diawali dengan https://, karena “s” di situ menyatakan bahwa situs yang dibuka sudah aman. Setelah itu, lanjutkan dengan melakukan transaksi atau pembayaran yang menandakan sudah dilakukan pemutusan di mana tempat menginap.

5. Perhatikan dan baca baik-baik ketentuan pemesanan

Untuk yang satu ini sangat penting. Baca baik-baik aturan pemesanan. Cek lagi dengan benar apakah data kartu kredit yang diberikan hanya untuk konfirmasi pemesanat atau uang langsung dipotong. Ada berbagai macam pilihan untuk pembayaran. Beberapa situs online pemesanan hotel, ada yang melakukan pemotongan diawal dan ada juga yang hanya untuk konfirmasi pemesanan kamar setelah itu biaya hotel bisa dibayarkan langsung ditempat ketika traveker sudah sampai ditujuan dan di hotel tempat ia memesan.

Selain itu, baca juga aturan dari pihak hotel terutama urusan pembatalan, apakah uang bisa dikembalikan atau dipotong. Begitupun aturan menginap, jangan sampai hotel yang dipesan tidak menerima anak-anak padahal tujuannya adalah berlibur bersama keluarga.

6. Cek situs lain untuk harga pembanding

Rajin browsing untuk mengecek situs booking hotel online lainnya sebelum menetapkan piliah juga merupakan cara yang jitu untuk mendapatkan harga yang bersahabat. Siapa yang tidak mau dapat hotel bagus dan nyaman namun harga miring?

Itulah salah satu keunggulan memesan hotel secara online bisa mencari harga pembanding untuk hotel yang sama di berbagai pilihan situs. Jadi, jangan terburu-buru memutuskan daripada nanti menyesal.

7. Baca review / testimoni

Jika tidak ingin mudah tertipu, usahakan jangan mudah tergiur dengan foto hotel yang dipasang di situs booking online. Tidak sedikit traveler yang kecewa karena ternyata aslinya tidak sama bagusnya dengan yang ada di foto. Beberapa traveler bahkan mengalami pelayanan yang buruk, tidak seperti yang dijanjikan atau diiklankan.

Nah, demi menghindari kekecewaan seperti itu, rajin membaca review dari beberapa traveler yang sudah pernah menginap di tempat tersebut. Baca komentar yang memberi pujian begitu juga komentar yang memberi kritikan. Dengan begitu ada bahan pertimbangan yang bisa didapat sebelum memesan hotel secara online di tempat tersebut.

8. Cek kembali untuk memastikan status kamar

Pernah dengar kata pembatalan secara sepihak oleh hotel? Jangan sampai masalah ini baru diketahui setelah sampai di tempat. Oleh karena itu, setelah selesai melakukan pemesan hotel, disarankan kembali membaca dengan detail kesepakatan untuk masalah pembatalan booking. Terkadang, pihak hotel bisa membatalkan kamar secara sepihak tanpa adanya alasan yang jelas. Bahkan ada yang dikenakan ‘Cancellation Charge’. Yuk, jangan malas untuk mengecek kembali updatean status pemesanan.

9. Membawa kartu kredit

Nah, ini adalah hal terakhir yang tidak boleh dilupakan. Kartu kredit. Karena pemesanan hotel dilakukan secara online jadi usahakan benda ini tidak tertinggal untuk check in. Transaksi lewat kartu kredit lebih aman untuk dilakukan ketimbang lewat kartu debit yang langsung memotong saldo rekening dalam bank. Tapi, kalau memang harus menggunakan kartu debit, jangan pernah memberikan informasi finansial apapun di dunia maya.

Jika tidak memiliki kartu kredit, usahakan meminjam anggota keluarga atau sanak saudara bisa juga teman baik untuk melakukan pemesanan. Pihak hotel membutuhkannya untuk konfirmasi data.

Fotokopi juga bisa menjadi pilihan jika kartu kredit yang digunakan adalah pinjaman. Biasanya pihak hotel akan meminta konfirmasi pemilik asli kartu kredit, hal itu bisa saja dilakukan.

Begitulah tips dan saran yang bisa digunakan dalam melakukan booking hotel Indonesia secara online dengan aman. Dengan mencermati tips diatas akan memudahkan traveler mendapatkan tempat penginapan yang aman dan sesuai dengan yang diingkan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Well, selamat berlibur traveler!

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*